Speed Reading (Membaca Cepat)

Posted: 25 Desember 2010 in Belajar Mengajar, Informasi, Kegiatan & Seminar
Tag:, , ,

Membaca secara cepat (Speed reading) adalah suatu metode untuk meningkatkan kecepatan membaca dengan tidak menghilangkan pemahaman dari isi tulisan tersebut.

Membaca cepat atau istilahnya Speed Reading sangat diperlukan bagi orang yang ingin memahami lebih banyak dari artikel atau buku dalam waktu singkat. Hal ini juga diperlukan demi memenuhi tuntutan belajar di Perguruan Tinggi yang membutuhkan tindakan efisien dalam belajar dengan waktu yang singkat.

Beberapa teknik membaca cepat

a) Skimming

Skimming atau survey selama satu atau dua menit. Skimming antara lain meliputi memperhatikan judul, kemudian gambar bila ada, dan sub judul bila merupakan sebuah buku. Hal ini berguna untuk memilah bahan yang penting saja.

b) Menghilangkan subvokalisasi

Subvokalisasi adalah suara yang biasa ‘ikut membaca’ dalam pikiran. Hal ini sebenarnya menghambat kecepatan membaca. Karena otak membaca lebih cepat daripada suara dalam pikiran kita.

c) Jangan kembali ke belakang

Kembali kebelakang hanya akan mengurangi kecepatan membaca. Jangan hiraukan ada yang terlewat. Intinya adalah membaca untuk mendapatkan ide.

d) Jangan membaca per kata

Kunci membaca cepat adalah meminimumkan jumlah gerakan mata berhenti dan pada saat yang sama memaksimumkan jumlah kata yang terbaca setiap satu putaran gerakan mata.

e) Latihan

Semakin orang banyak membaca buku, semestinya akan semakin cepat kemampuan bacanya. Ibarat kendaraan bermotor, jika sudah masuk ke gigi dua maka akan meningkat ke gigi tiga, empat dan seterusnya.

Beberapa tips dalam speed reading (membaca cepat)

a) Konsentrasi. Awali sebelum membaca buku dengan konsentrasi, sehingga makna dalam isi buku tersebut bisa dipahami.

b) Mulai dengan menggunakan buku-buku dengan font tulisan yang besar karena font tulisan kecil akan menyebabkan sulit dibaca,

c) Dimulai dengan buku-buku yang pernah anda baca sebelumnya.

d) Gunakan tangan atau jari anda untuk memudahkan anda membaca.

e) Istirahatlah jika anda telah membaca satu jam atau setengah jam lebih. Hal ini untuk membantu menenangkan ketegangan pada otot mata anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s