Bola Dan Matematika Menang Mana?

Posted: 13 Mei 2010 in Belajar Mengajar, Multiple Intelligence, Pendidikan Anak
Tag:, ,

Suatu hari, murid lelaki berusia 10 tahun tengah murung di pinggir lapangan, duduk diam sambil memainkan tempat minum dihadapannya. Seorang guru bertanya, “Apa yang kamu pikirkan nak? Mengapa kamu tidak bergabung dengan kawan-kawanmu bermain bola?”  Murid tersebut yang ternyata bernama Farhan menjawab; “Aku tak pandai bermain bola, kata mereka tendanganku seperti tendangan anak perempuan dan lariku nampak ragu-ragu.” Jawabnya sambil merengut.

Keesokan hari,  di pojok aula sekolah,  seorang lagi anak lelaki duduk sambil bertelekan dagunya dan sibuk memainkan pensil dan mencoret-coret bukunya. Perlahan seorang guru menghampirinya, bertanya dan membelai rambutnya yang semakin lama semakin kusut, ” Mengapa kamu tidak masuk kelas nak ?” Ia menjawab “Aku tak bisa pelajaran matematika bagian pecahan ini, makanya aku tak bisa mengerjakan PR semalam. Tak ada seorangpun yang mengerti diriku.”

Pada hari berikutnya, pada jam yang sama kedua anak lelaki tadi duduk berdua, sambil tertawa-tawa, mereka sibuk mencoret coret sesuatu.  Sayup-sayup terdengar mereka membuat kesepakatan.

“Aku janji akan mengajarimu matematika asalkan engkau mau mangajariku cara bermain bola.”

“Ok, aku janji akan mengajarimu cara menendang bola, mendrible bola, dan trik-trik lainnya, mudah kok, asalkan kau mampu ajari aku mengubah pecahan menjadi bentuk desimal.”

Subhanallah, terlihat wajah-wajah ceria penuh percaya diri.  Alloh SWT telah menciptakan manusia dengan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya dan mereka hidup berjamaah untuk saling melengkapi kekurangan masing masing. Sehingga tidaklah semua orang harus pandai matematika dan juga tidaklah semua anak harus pandai bermain bola.

Biarlah mereka menemukan intelligence mereka masing masing sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan dalam dirinya. Karena setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s