Mengenal 8 Kecerdasan Manusia (bag 2)

Posted: 26 Maret 2010 in Multiple Intelligence
Tag:, ,

Masih menurut Howard Gardner, selain kecerdasan linguistik dan logik matematik, manusia juga memiliki kecerdasan yang lain. Dua dari 8 di antaranya adalah :

3. KECERDASAN VISUAL DAN SPASIAL

Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Visual artinya gambar, spasial yaitu hal-hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Kecerdasan ini melibatkan kesadaran akan warana, garis, bentuk, ruang, ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Kecerdasan ini juga melibatkan kemampuan untuk melihat obyek dari berbagai sudut pandang.

4. KECERDASAN MUSIK

Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Musik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kemampuan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang.

Telah di teiliti di 17 negara terhadap kemampuan anak didik usia 14 tahun dalam bidang sains. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa anak dari negara Belanda, Jepang dan Hongaria mempunyai prestasi tertinggi di dunia. Saat di teliti lebih mendalam ternyata ketiga negara ini memasukkan unsur ini ke dalam kurikulum mereka. Selain itu musik juga dapat menciptakan suasana yang rileks namun waspada, dapat membangkitkan semangat, merangsang kreativitas, kepekaan dan kemampuan berpikir. Belajar dengan menggunakan musik yang tepat akan sangat membantu kita dalam meningkatkan daya ingat.

Jangan ketinggalan kelanjutannya ya…

Komentar
  1. M.Rudi mengatakan:

    Assamualaikum Bu…
    Saya sedang mencoba mengembangkan bahan ajar geometri dengan melibatkan kecerdasan spasial siswa. Pelajaran geometri banyak dikaitkan dengan kecerdasan spasial. Menurut ibu manakah yang lebih tepat: pelajaran gemetri dapat meningkatkan kecerdasan spasial ataukah melibatkan kecerdasan spasial dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang geometri? ataukah keduannya ada imbal balik?
    Penjelasan Ibu akan sangat berguna bagi saya. Terimakasih. Assamulaikum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s