Tips Menabung Mudah

Posted: 10 Maret 2010 in Informasi
Tag:

Berjuta alasan dikemukakan orang untuk menghindar dari menabung. Menabung itu menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk dana cadangan yang suatu saat nanti dibutuhkan. Bukan buat siapa-siapa loh… buat diri kita sendiri. Tapi kok ya susah banget yah…

Memang benar ungkapan ‘ala bisa karena biasa’. Kalau ga biasa memang susah sih… Makanya biasakanlah. Sebenarnya mudah saja, berikut tipsnya :

•    Sisihkan dana untuk ditabung terlebih dahulu sebelum membayar kebutuhan hidup lainnya.
•    Masukkan pos tabungan ke dalam pos pengeluaran rutin tiap bulan sama seperti tagihan telepon, transportasi, dan makan.
•    Miliki rekening khusus tabungan. Rekening terpisah memungkinkan dana yang terkumpul tidak terpakai untuk pengeluaran lain.
•    Manfaatkan fasilitas auto debet dari rekening gaji ke rekening tabungan. Dengan begitu tidak perlu repot-repot datang ke bank/ATM untuk mentransfer atau pemindahbukuan.
•    Kadang kita menyepelekan uang receh hingga berceceran dan hilang begitu saja. Jika mendapat kembalian uang logam, masukkan ke dalam celengan. Jika sudah penuh masukkan ke dalam rekening di bank.
•    Naikkan setoran tabungan tiap kali mendapat penghasilan tambahan. Sisihkan terlebih dahulu untuk menambah tabungan.

Gampangkan… Ayo, mulailah dari sekarang. Bulatkan tekad, agar menabung menjadi mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s