Pelatihan Inovasi Dalam Pembelajaran (Part II)

Posted: 15 Februari 2010 in Catatan Pribadi, Kegiatan & Seminar
Tag:,

Saya akan lanjutkan cerita pengalaman saya saat mengikuti pelatihan inovasi dalam pembelajaran. Tulisan sebelumnya silahkan lihat disini: Pelatihan Inovasi Dalam Pembelajaran (Part I)

Tibalah saatnya kelompok kami maju untuk melakukan simulasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Tema yang kami usung adalah ‘sayang teman’ yang akan kami kemas dalam sebuah pertunjukkan drama situasi. Kami semua sudah tentukan setting dan alur ceritanya.

Ketika kelompok kami dipanggil, kami semua tampil ke depan. Salah seorang teman berperan sebagai guru, anggota kelompok lain jadi muridnya. Kami semua mendapatkan peran. Ada yang jadi anak baik, sebagian yang lain jadi anak ‘usil’.

Diawali dengan cerita yang menggemaskan, serta akhir yang mengharukan dan ‘happy ending’. Kami layaknya bintang sinetron. He..he.. seru deh..! Kami semua menjalankan cerita tanpa canggung, ditambah improvisasi di sana-sini, jadilah tampilan yang lumayan menyegarkan setelah beberapa waktu diserang rasa kantuk sehabis makan siang tadi.

Walau cape, kami semua senang. Tak terkecuali sang pembicara, karena pada akhirnya ada kelompok yang benar-benar melakukan inovasi dalam pembelajaran. Bukan bermaksud mengecilkan kelompok lainnya. Kenyataannya, kelompok kamilah yang mendapatkan apresiasi dari pembicara dan panitia.

Wah…ngga nyangka loh…Kami semua tidak tau kalau ada penilaian segala, pokoknya ‘do the best’ ajalah. Eh…pulangnya dapet ‘angpau’. Lumayan, rejeki emang ga kemana…

Seperti nama pelatihannya, diharapkan semua guru dapat melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga murid tidak melulu mendengarkan, pasif dan minim kegiatan. Guru tidak lagi menggunakan metode pembelajaran yang mungkin sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman.

Komentar
  1. […] sambungannya disini: Pelatihan Inovasi Dalam Pembelajaran (Part II) Tag: Kegiatan Guru, Pelatihan Inovasi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s