“Pahlawan” Bagi Aji Kecil

Posted: 15 November 2009 in Belajar Mengajar, Catatan Pribadi
Tag:, ,

Merenungi hari pahlawan 10 November, saya meminta murid-murid saya kelas 3 sekolah dasar, untuk menuliskan arti pahlawan dan siapa sih yang menjadi pahlawan bagi mereka saat ini ?

Membaca hasil tulisan mereka, membuat saya tersenyum dan bangga. Dengan lugunya mereka menuliskan beraneka macam argumen. Diantaranya menuliskan bahwa pahlawan bagi mereka saat ini adalah ayah dan ibu mereka.

Saya hampir menangis ketika membaca sebuah tulisan seorang murid saya, namanya Aji. Ibunya adalah seorang “pahlawan devisa” bagi negara, yang kita mengenalnya dengan sebutan TKW (Tenaga Kerja Wanita).

Aji menuliskan betapa bangga dan berterimakasihnya ia terhadap orang tuanya. Walaupun ia harus jauh dengan sang ibu, ia tetap sayang. Terakhir, ia bertemu sang ibu beberapa tahun lalu.

Sebelumnya Aji bersekolah di kampung. Di tengah kesulitan ekonomi, ia dititipkan kepada saudara ibunya yang tinggal di Jakarta dan bersekolah bersama sepupunya.

Perawakannya yang kecil ternyata dikarenakan penyakit flek paru-paru yang dideritanya sejak kecil. Saat ini ia sedang menjalani program pengobatan. Walaupun begitu ia terlihat tetap semangat mengikuti setiap pembelajaran di kelas.

Teman-temannya sangat bersimpati. Bukan karena nasibnya yang kurang beruntung, tapi karena sifatnya yang periang dan suka menolong. Ia juga tekun dalam belajar.

Sering kali saya sempatkan ngobrol dengannya, satu pelajaran yang saya dapat darinya. Ketegaran dan keikhlasan dalam menjalani hidup, membuat kita senantiasa bersyukur, karena hidup adalah anugrah Yang Maha Kuasa, Alloh SWT.

Tinggalkan Balasan

