Persaingan Antara Kakak dan Adik

Posted: 28 April 2009 in Pendidikan Anak
Tag:, ,

Dalam sebuah keluarga, adalah sesuatu hal yang lumrah jika ada persaingan antar saudara kandung. Namun, jika sudah sangat mengganggu dan melampaui batas, orang tua harus segera mengambil tindakan.

Keluarga Pak Hasan, setiap hari selalu saja diramaikan oleh teriakan dan tangisan anak-anaknya yang hanya tiga orang. Dari bangun tidur sampai tidur lagi selalu terjadi masalah-masalah yang sebenarnya sepele tapi bikin kepala “mumet” alias pusing menghadapinya. Ternyata, kejadian-kejadian itu telah berlangsung sejak lama. Setelah di runut, pertengkaran-pertengkaran antar anak sering terjadi setelah hadirnya anak kedua.

Apa yang harus dilakukan keluarga tersebut ?

Dalam beberapa kesempatan, saya melihat tayangan di stasiun televisi swasta, program yang menurut saya bagus sekali sebagai bahan referensi bagi orang tua. Nanny 911, sekarang nama programnya Super Nanny. Di sana ditayangkan bagaimana kondisi sebuah keluarga yang “semrawut” alias kacau balau dikarenakan ulah anak-anak yang sangat di “luar batas”. Biasanya kejadian ini dipicu oleh kesalahan orang tua dalam mendidik dan menerapkan aturan dalam keluarga. Kalau sudah begitu, dimintalah seorang nanny yang akan datang membantu memperbaiki keadaan keluarga tersebut.

Insyaalloh, kita tidak perlu meminta seorang nanny untuk keluarga kita (lagian, itukan adanya di Amerika sana). Asalkan kita mau belajar dan bertanya serta bersedia memperbaiki pola asuh, kita bisa kok memperbaiki keadaan. Sebelum terlambat lebih jauh.

Saling mengadukan perbuatan saudara, baik yang laki-laki maupun yang perempuan serta membenci adik yang baru lahir sejak pertama ia hadir di tengah-tengah keluarga adalah contoh persaingan antar kakak adik yang dapat mendatangkan malapetaka dalam hubungan keluarga.

Anak-anak usia balita dan usia sekolah masih sering mempertahankan keegoan, ke”aku”an dan arti penting mereka di lingkungan rumah. Untuk menjadi yang nomor satu di dunia mereka yaitu keluarga mereka, seringkali sesama saudara kandung memperebutkan sesuatu yang sebenarnya menurut orang tua tidak perlu terjadi.

Sebenarnya, persaingan antar kakak adik merupakan hal yang biasa dikarenakan sifat kompetitif manusia. Intensitasnya dapat dikurangi dengan memberikan penyadaran bahwa masing-masing anak sangat istimewa dan unik. Serta memberikan pengertian dan contoh bahwa sikap bersahabat dan saling berbagi akan membuahkan sesuatu yang manis, yaitu kebersamaan dan perdamaian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s